Gerakan Kumpul 5000 Buku Siap Go Publik Secara Nyata

Posted by Unknown Selasa, Februari 07, 2012 0 komentar
Sebagaimana yang disampaikan oleh Mbak Helvi Tiana Rosa, betapa gerakan sosial literasi sangat terbantu dengan adanya jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Membaca gerakan literasi versi Kabupaten Sambas, ini adalah kondisi subyektif yang saya sendiri masih memerlukan waktu untuk mempelajari formula yang tepat. Gerakan ini boleh jadi sangat ambisius, namun saya percaya bahwa pada waktunya, implementasi dari gerakan ini akan berbuah hasil, walaupun pada saat memetik hasil itu, seluruh kulit saya sudah keriput karena terlalu lama, atau bahkan jasad saya sudah terkubur, sementara pekerjaan saya terus menerus dikerjakan oleh banyak orang, dan kemudian hasilnya terjadi di Kabupaten Sambas. 
Cita - cita saya akan gerakan literasi ini sesungguhnya sederhana, saya ingin melihat suatu waktu nanti, semua Rumah Makan yang ada di Sambas menyediakan Buku sebagai bahan bacaan, atau semua masjid memiliki perpustakaan sederhana, seluruh public space menyediakan buku untuk publik. Ini adalah gerakan kesadaran, betapa buku dalam perpekstif fisiknya harus tersedia dan menjadi bagian dari keseharian masyarakat di Sambas.
Jauh dari itu semua, gagasan literasi ini akan sangat tergantung kepada komunitas penulis lokal; penulis yang tidak saja memberikan surplus buku secara akademik, namun buku yang ditulisnya harus menghadirkan nilai tambah, sesuatu yang positif, kata - kata yang membangun. Tidak saja karena penulisnya adalah seorang pembangun, namun juga karena ia punya cita - cita besar akan kesehariannya. 
Gerakan Sambas membaca kini sampai pada tahap menyebarkan gagasan, ideologi dan tahapan - tahapan pencapaiannya kepada seluruh lapisan masyarakat. Semua harus secara sadar "berada" di tempat yang tepat dalam mensukseskan gerakan ini. Civitas akademik,dalam ini para dosen harus berdiri dengan cara yang kuat dalam mengimplementasikannya. Dan saya percaya semua bisa terwujud, karena seluruh nafas saya pun mengatakan saya bisa melakukannya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Gerakan Kumpul 5000 Buku Siap Go Publik Secara Nyata
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://laztpualmumtazsambas.blogspot.com/2012/02/gerakan-kumpul-5000-buku-siap-go-publik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LAZ TPU AL MUMTAZ.