Bersedekah Menyehatkan Jiwa dan Raga

Posted by khadimat sekolah Jumat, Januari 20, 2012 0 komentar
Salah satu manfaat sedekah yang dapat dipetik pelakunya adalah kesembuhan dari berbagai penyakit jiwa dan raga. Dengan kata lain, sedekah adalah sebagai ikhtiar seseorang untuk mengobati penyakit yang selama ini tengah di derita. Realita ini telah dipraktekkan oleh sejumlah orang yang telah terbukti khasiatnya.
Hal ini ditunjukan oleh sebuah hadist “Obatilah orang-orang sakit diantara kalian dengan sedekah” (HR Baihaqi). Ibnu Al-Hajj berkata “sedekah yang dimaksud disini ialah si sakit membeli dirinya dari Rabbnya dengan nilai yang ia anggap pantas untuk dirinya disisiNya. Sebuah keniscayaan bila sedekah mempunyai pengaruh terhadap kesembuhan, sebab Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam yang membawa informasi ini adalah orang yang jujur. Sedangkan yang di informasikan berasal dari Zat Yang Maha Mulia lagi Maha Memberi”.
Dikisahkan, seseorang bertanya kepada Ibnu Mubarak Rahimahullah tentang luka bernanah di lututnya yang diderita selama tujuh tahun, dan para dokter telah angkat tangan menyerah mengobatinya. Ibnu Mubarak menyuruh orang itu untuk menggali sumur di tempat orang membutuhkan air, ia berkata “Saya berharap ada mata air yang mengalir  dari sumur tersebut sehingga darah tidak keluar lagi dari tubuhmu”. Kisah lain adalah apa yang menimpa Abu Abdullah Hakim, penyusun kitan Al-Mustadrak. Di wajahnya pernah muncul luka-luka dan tak kunjung sembuh hingga kurang lebih satu tahun. Ia meminta doa kepada ahli kebaikan dan mereka pun banyak berdoa memohon kesembuhannya. Kemudian ia bersedekah kepada kaum muslimin. Yakni dengan menyediakan air minum untuk umum di depan rumahnya, orang-orang bisa minum sepuasnya.
Belum genap satu pekan tanda-tanda kesembuhan mulai terlihat, luka-lukanya menghilang dan wajahnya kembali pulih bahkan lebih tampan dari sebelumnya.
Fenomena ini sebagaimana yang yang dikatakan oleh Al-Munawi telah dipraktekkan oleh orang-orang yang beruntung (yakni berobat dengan bersedekah) dan mereka menemukan apa yang tidak mampu dilakukan obat medis. Tidak ada yang menyangkal fenomena ini kecuali orang yang mata hatinya tertutup.
Selain itu sedekah juga mampu mengobati penyakit hati, yaitu kikir. Sebab secara fitrah manusia mencintai hartanya. Banyak ayat yang menunjukan betapa besar kecintaan manusia terhadap benda. Dengan bersedekah pada hakikatnya seseorang tengah mengikis sifat kikir yang mungkin saja selama ini bersemayam dalam dirinya. Sebelum bersedekah dalam dirinya berseteru antara dua sifat yang bertolak belakang yaitu kikir dan keinginan ingin berbagi kepada sesama, sekaligus ingin memberantas sifat bakhil. Bila ia mampu mengalahkan kekikiran yang ada dalam dirinya maka ia mendapatkan keberuntungan. Inilah yang telah disampaikan oleh Allah SWT dalam firmannya ‘Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung’ (QS Al-Hasyr ayat 9)
Resep menghindari keburukan dengan sedekah pernah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri, yaitu ketika terjadi gerhana. Telah kita ketahui bersama bahwa gerhana adalah salah satu tanda kebesaran Allah. Ketika orang-orang kebingungan menyaksikan peristiwa gerhana matahari, Rasulullah SAW bersabda “Maka apabila kalian menyaksikan peristiwa tersebut  berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, dirikanlah sholat dan bersedekahlah” (HR Bukhari). Ibnu Daqiq Al-‘id berkata ketika menjelaskan hadist ini “Di dalam hadist ini terdapat  dalil tentang ajuran memberi sedekah pada peristiwa menakutkan guna menolak bencana yang dikhawatirkan menimpa”.
Mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat adalah dambaan setiap muslim. Hal ini terlihat secara nyata dalam doa yang sering kali dilantunkan dan tidak bosan-bosannya dipanjatkan kepada Zat Yang Maha Mengabulkan doa. Sering kali doa ini disebut-sebut sebagai doa sapu jagad yang mengindikasikan kandungannya yang meliputi segalanya. Doa inilah yang paling sering dilantunkan Nabi Muhammad SAW “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan periharalah kami dari siksa neraka”.
Sedekah adalah salah satu sarana untuk mewujudkan cita-cita di atas, yaitu meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Ini membuktikan bahwa sedekah merupakan sarana luar biasa dalam perjalanan seorang muslim guna mewujudkan cita-cita serta meraih keselamatan di dunia dan di akhirat, baik selamat dari mara bahaya maupun hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam hadis Rafi’ bin Khudaij dengan sanad marfu’ disebutkan ‘Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu keburukan” (HR Thabrani)/ (kisahislam/net)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bersedekah Menyehatkan Jiwa dan Raga
Ditulis oleh khadimat sekolah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://laztpualmumtazsambas.blogspot.com/2012/01/bersedekah-menyehatkan-jiwa-dan-raga.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LAZ TPU AL MUMTAZ.