Riba, Zakat dan Sedekah

Posted by khadimat sekolah Jumat, Januari 20, 2012 0 komentar
Di dalam Al-Quran saya sering membaca ayat tentang riba diperbandingkan dengan zakat, sedekah dan jual beli. Mohon penjelasan hikmah dan maksudnya.
Abdul Fathan, Ciampea, Bogor


Jawaban :
Memang benar, Al-Quran memperbandingkan riba dengan zakat, kadang dengan sedekah dan kadangkala dengan jual-beli. Sebagaimana firman-Nya: ”Dan suatu riba ( tambahan ) yang kamu berikan agar dia bertambah pada harta manusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah maka yang berbuat demikian itulah orang-orang yang melipatgandakan pahalanya” ( QS Ar-Ruum [30] : 39 ).

“Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba … “ ( QS Al-Baqarah [2] : 275 ), juga firman-Nya  “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan shadaqah…” ( QS Al-Baqarah [2] : 276 ).
Ayat-ayat tersebut memberikan gambaran kepada kita bahwa praktek-praktek riba tidak mungkin bisa dihilangkan kecuali dengan mengefektifkan pelaksanaan ZIS ( Zakat, Infaq, dan Shadaqah ) dan melaksanakan jual-beli yang sehat sesuai aturan syari’ah Islamiyah. ZIS harus dioptimalkan, baik dalam cara pengambilannya maupun pendistribusiannya.
Dalam kaitan ini, kita kaum Muslimin perlu memiliki lembaga yang kuat, amanah dan terpercaya. Sekaligus berfungsi sebagai amil zakat yang mampu mengorganisasikan pengambilan dan distribusi ZIS dengan tepat. Sehingga akhirnya praktek-praktek rentenir yang menjerat masyarakat lapis bawah dapat ditanggulangi.
Demikian pula dengan praktik riba ini harus diatasi dengan cara melaksanakan jual-beli yang akadnya bersih dari unsur riba, sebagaimana tersirat dalam firman-Nya : “Wahai sekalian orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta dengan cara yang bathil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan saling meridhai.” (QS An-Nisaa’ [4] : 29 ). ■
Sumber : Quraish Shihab Menjawab ,  Dialog Jumat, Republika, Jumat, 4 April 2003 /  2 Shafar 1424
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Riba, Zakat dan Sedekah
Ditulis oleh khadimat sekolah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://laztpualmumtazsambas.blogspot.com/2012/01/riba-zakat-dan-sedekah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of LAZ TPU AL MUMTAZ.